Oleh: Lutfi QQ | 2 September 2008

“ Lentera Hati ”

Itulah judul sebuah lagu yang dinyanyikan Nugie pada acara Kick Andy kemaren di Metro TV, Salah satu acara Talk Show yang paling aku senangi.

Tidak seperti episode-episode sebelumnya, episode kemaren begitu menyentak pikiranku.

Diawali dengan penampilan Penyanyi yang cukup terkenal yaitu Nugie yang menyanyikan sebuah lagu ciptaannya sendiri yang berjudul “Lentera Hati”.

Lagu tersebut menceritakan kisah manusia yang mengikuti panggilan jiwanya untuk meraih tujuan dan kebahagiaan hidupnya.

Seperti kita ketahui, bahwa banyak diantara kita, termasuk aku sendiri berada pada jalan hidup yang tidak sesuai dengan hati nurani. Sehingga saat inipun kita merasa kurang bahagia terhadap pencapaian dalam hidup ini.

 

Menentang panggilan jiwa dan menuruti keinginan orang lain, misalnya orang tua, keluarga & teman ataupun ikut-ikutan menjalani kehidupan seperti orang lain. Ujung-ujungnya kita merasa salah arah dalam mengambil jalan hidup ini, misalnya kurang bahagia dalam pendidikan ataupun dalam menjalani karier kita .

 

Pada sesi kedua dalam acara Kick Andy tersebut ditampilkan orang-orang yang sukses dalam kehidupan dan kariernya yang mana orang-orang tersebut telah mengikuti kata hati / panggilan jiwanya. Termasuk Nugie sang penyanyi tadi yang pada awalnya dipaksa oleh orang tuanya untuk kuliah dan tidak menggeluti bidang musik, namun dia yakin bahwa musik adalah panggilan jiwanya.

 

Kemudian, Seorang Demian yang kita kenal sebagai Ilusioner atau pesulap yang di TV adalah seorang Sarjana Ekonomi, namun seperti penuturannya dia mengikuti kata hatinya untuk menjadi seorang pesulap di bandingkan dengan menjadi seorang karyawan yang bekerja dibelakang meja.

 

Setelahnya ditampikan seorang Chef atau Koki Kue yang sering muncul di TV, ia adalah Bara yang saat ini juga sudah memiliki Restoran Pribadi.

Awalnya Bara yang merupakan anak seorang diplomat ini ingin mengikuti jejak ayahnya untuk menjadi seorang diplomat juga, hingga dia menempuh jalur pendidikan yang sesuai dengan keinginannya pada saat itu.

Namun dipertengahan jalan dia menempuh jalan hidupnya menjadi seorang Koki. Hal inipun pada awalnya tidak pernah ia pikirkan.

 

Acara Kick Andy tersebut berlanjut dengan penampilan tokoh yang saat ini menjadi Public Speaker (Inspirator dan Motivator) yang terkenal, terutama di Bali. Yaitu Bpk. Gede Prama. Dan Kemudian Penampilan Helmi Yahya. Kedua Tokoh inipun membicarakan hal yang serupa, yaitu kita harus mengikuti kata hati atau panggilan jiwa kita. Dan itulah jalan hidup kita. Bahkan Gede Prama bilang “Jika kita mengacuhkan panggilan jiwa ini, nyawa kitapun bisa terancam karenanya”.

 

Ini memberikan Inspirasi dan mengisyaratkanku, bahwa kenapa aku menjalani hidup ini koq nggak Happy.

Sejak menonton acara itu aku terus termenung dan berusaha mengungkap satu hal yaitu mendengarkan lagi panggilan jiwaku.

Ternyata yang aku dengar adalah Penulis Buku, ya menjadi seorang penulis. Entah mengapa semakin aku mendengarnya semakin kuat saja kata-kata itu, namun sebelumnya aku ingin sekali menjadi seorang pembisnis online atau affiliate marketing, dari membaca artikel gratis dari internet marketer profesional, hingga aku beli modem CDMA Rp.650.000 untuk koneksi internet di rumahku, yang ternyata koneksinya sangat lambat, ehm… aku rugi. Untuk modal pengetahuan tentang bisnis inipun aku tidak punya, hanya

keyakinan saja, aku bisa sukses. Namun masih banyak keraguan di dalamnya.

 

Nah ketika aku mendapatkan inspirasi dari acara kick Andy ini, aku mulai mendengarkan kata hatiku, dan seperti yang ku katakan tadi yang ku dengar adalah menjadi seorang penulis. Ini mengingatkan aku bahwa memang dulu waktu SD aku gemar sekali menulis cerpen, hingga saat itu aku mengikuti kompetisi tingkat kabupaten.  kemudian vacuum waktu SMP, karena waktu itu selain aku sibuk dengan pelajaran sekolah, aku aktif menjadi ketua OSIS, Sibuk juga membentuk Band Musik dan harus latihan tiap hari untuk suatu pergelaran musik. Waktu SMA pun selain sibuk pelajaran, aku juga mengikuti banyak Ekskul seperti Theater, Seni rupa, Bhs. Jepang dsb. Namun disela-sela itu, aku juga pernah menulis cerpen Cerita Cinta Remaja untuk Majalah sekolah, berkali-kali aku mengirimnya namun tak satupun dimuat, setelahnya aku berpikir untuk membuat cermis (cerita misteri), dan akhirnya aku membuatnya. Alhamdulillah sukses ceritaku dimuat. Kemudian beranjak masa akhir study SMA, aku fokus untuk masuk bidang Akuntansi atau Manajemen. Dulu saat itu juga aku pernah mengikuti tes minat dan bakat yang menunjukkan aku harus masuk Fakultas Sastra. Aku mengacuhkannya karena jadi Sastrawan tidak jelas kehidupannya. Dan akhirnya aku masuk D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, dengan nilai kelulusan sangat memuaskan. Hingga aku saat ini bekerja sebagai Staff Accounting. Dan Entah mengapa saat kuliah hingga kinipun aku merasa ada yang kurang bahagia, atau Click dalam menjalani hidupku.

Akhirnya sampai aku menulis artikel ini aku masih terus berpikir “apakah aku akan menjadi seorang Penulis saja”.

 

Sebagai referensi lain, pada Artikel pertamaku, Bpk. Mario Teguh, Seorang Motivator di Acara Goden Ways Metro TV, mengatakan bahwa : suatu bisnis atau Usaha akan sukses di tentukan oleh empat hal, yaitu :

……………..

 

Maka dari itu mungkin inilah keyakinan dari suara hati/ panggilan jiwaku untuk menjadi seorang penulis, Oke, Aku Akan Berusaha Mewujudkannya. Mumpung masih muda dan belum terlambat usia.

Kita lihat saja nanti…Perubahan untuk maju adalah sangat penting untuk masa depan kita. Seperti Iklan Susu Bendera (Berubahlah untuk Maju). Bukan Iklan lho J

 

Itulah inspirasi yang aku dapatkan, semoga bisa merubah hidup lebih baik.

 

Jika Pembaca ada yang mengalami hal yang serupa, mohon untuk memberikan komentar.

Mungkin bisa menambah wawasan Inspirasi dan Motivasi kita bersama.

Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Kategori

