Oleh: Lutfi QQ | 4 September 2008

Ada yang lain di Ramadhan

Sudah ku dengar dengan Lantang lirik-lirik lagu Bimbo yang bertemakan Puasa “Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa…..dst.”

Atau juga lagu-lagu dari group band Gigi. Ehm Merdu dan menyemangatiku yang Alhamdulillah sudah tiga hari ini menjalankan ibadah puasa. Sungguh berkah bulan ini, penuh Rahmat (kasih sayang dan ampunan dari Allah SWT). Setiap menjelang buka puasa, anak-anak kecil termasuk juga aku dulu ketika masih kecil menghitung jam demi jam, menit demi menit dan detik demi detik untuk menunggu datangnya waktu buka. Ya serasa tahun baru setiap hari. J

 

Waktu sahur tiba, Ibu dengan sabar dan ikhlasnya bangun lebih awal untuk menghangatkan makanan dan membangunkan kami. Dan Ayah begitu sabarnya diterik panas matahari, bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan di bulan ramadhan, bahkan untuk kebutuhan baju-baju baru dan kue-kue di hari Raya.

 

 Waktu sore hari dijalan-jalan raya & perempatan jalan sangat ramai dengan pengunjung dan penjual jajanan buka puasa. Istilahnya (Ngabuburit). Rumah Allah (Masjid) sangat ramai dikunjungi oleh umat yang ingin sholat, ngaji (tadharus) Al Qur’an, Atau berdiam diri untuk terus berdzikir (mengingat Allah). Apalagi menjelang sholat Isya’ semua umat muslim dari anak-anak, remaja, Ibu-Ibu, Bapak-bapak, Kakek, & nenek berbondong-bondong pergi ke masjid sambil menyandang mukena dan sajadah untuk sholat Isya’ dan Tarawih. Subhanallah… Indah sekali bulan ini. Selain itu semua ibadah kita dilipat gandakan oleh Allah pahalanya. Tak ketinggalan pula acara-acara televisi begitu ramainya dengan program-program Ramadhan. Banyak Hikmah di bulan ini. Tapi sayang datangnya hanya sebulan sekali.

 

Itulah kondisi (atmospher) di bulan Suci ini, dan Alhamdulillah di usia ku saat ini, aku sudah melewatkan 24 atau 23 atau 22 kali Bulan Ramadhan. Ada begitu banyaknya kenangan-kenangan manis di Bulan Ramadhan. Keakraban dengan teman, shahabat, kerabat, keluarga, orang tua dan juga keakraban kita kepada Allah SWT dalam Ibadah dan do’a-do’a kita begitu kental di bulan suci ini. Banyak cerita-cerita menarik dan unik, dari bangun telat sahur, waktu buka tiba masakan belum matang atau hangus karena terburu-buru, makan dan minum siang hari karena lupa, ketiduran di kantor, adik-adik atau anak-anak kita yang merintih karena tidak kuat puasa walau dijatah hanya setengah hari, serta cerita-cerita seru waktu mudik ke kampung halaman. Subhanallah.., Ini terjadi hanya di Bulan Ramadhan ini.

Itulah Ramadhan, Ada yang lain di bulan suci ini….

 

Oh Ramadhan

Ketika yang bertaqwa sangat gembira menyambut kedatanganmu

dan ketika yang bertaqwa sangat sedih saat kehilanganmu

kau begitu dirindukan selama 11 bulan oleh umat pencintamu

kau begitu dinantikan oleh  oleh umat yang senang kepadamu

Begitu banyakkah, air mata disajadah memohon kepada Allah agar usia ini bisa berjumpa kepadamu tahun depan. Sedang tubuh ini semakin tua dan ajal tidak tahu kapan akan datang.

Marhaban ya Romadhan

Marhaban ya Syahruh Siam

Marhaban ya Syahruh Mubarok

 

Selamat datang bulan Penghapus dosa

Selamat datang bulan penuh kegembiraan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: